Berita Kanwil

Polres Bantul adakan Sosialisasi Kumham DIY Jadi Narasumber

 

polres bantulBertempat di Hotel ROS-IN Polres bantul mengadakanSosialisasi Float Tentang Penyelundupan Manusia. Acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 tersebut dilaksanakan oleh IOM dengan dukungan pendanaan dari pemerintah Kanada. Adapun yang hadir adalah direktur jajaran Baharkam Polri, Para pejabat Polres Bantul, Chief of mision of IOM, Muspida Bantul dan para peserta sosialisasi  yaitu anggota Polres Bantul dan perwakilan instansi terkait. 

 Kegiatan menghadirkan nara sumber AKBP Kharun BA (Kabag Bin Ops Airud), Bpk. Menggung Widjadja (Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY), Bpk. Nabil (IOM) dan AKP Kusilah, SH (Kasat Binmas Polres Bantul) sedangkan materi yang diberikan adalah Masalah penyelundupan manusia bagaian dari kejahatan transnasional,  penanganan kasus penyelundupan manusia dan imigran illegal, imigran dalam penanganan kasus penyelundupan manusia dan peran IOM dalam membantu pemerintah menangani penyelundupan manusia.

 Dalam Sambutan Kapolres Bantul mengatakan yang intinya, wilayah hukum Polda DIY merupakan wilayah yang dibatasi samudera Indonesia yang merupakan jalur lalulintas laut internasional yang rawan sebagai jalur pengiriman imigran ilegal maupun perdagangan manusia dengan tujuan Australia. karena itu untuk menangulanginya diperlukan kerjasama yang sinergis antara Polri dengan instansi yang berwenang dan seluruh masyarakat secara terpadu dan berkesinambungan untuk menyamakan persepsi dan interpretasi tentang dampak penyelundupan dan penangananya manusia serta bagaimana mengantisipasi dan menangulanginya sehingga sesuai peraturan perundang undangan dan tetap menjunjung tinggi HAM. Hasil kegiatan sosialisasi segera dijabarkan maupun dilaksanakan  diwilayah masing masing dengan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait agar penanganannya dilakukan secara komprehensif dan integal.