Galeri Foto


67812

Twitter @kemenkumhamjogj

Unit-unit Kemenkumham

ditjen-ppditjen-ahu

ditjen-imigrasiditjen-pas

ditjen-hamditjen-hki

bphnitjen

bpsdmbalitbang

Statistik Pengunjung

Harian3
Mingguan4
Bulanan107
Total46103

Headline News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

KUMHAM DIY BERI PENYULUHAN HUKUM DI KECAMATAN IMOGIRI

20-04-2015 Hits:16 BERITA UTAMA

KUMHAM DIY BERI PENYULUHAN HUKUM DI KECAMATAN IMOGIRI

Bertempat di pendopo Kecamatan Imogiri, 20/4/15 diselenggarakan acara penyuluhan Hukum yang merupakan kerjasama Kantor Wilayah Kemenkumham DIY dengan LBH APIK. Sebagai nara sumber dari kanwil Kumham DIY, Sri Widyaningrum dan Ngadiya dan dari LBH APIK diwakili oleh Rina Ernawati, acara...

JAJARAN PAS JOGJA GELAR PERTANDINGAN BADMINTON

17-04-2015 Hits:60 BERITA UTAMA

JAJARAN PAS JOGJA GELAR PERTANDINGAN BADMINTON

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemasyarakatan ke-51, jajaran Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I.Yogyakarta, gelar pertandingan badminton yang diikuti perwakilan pegawai kanwil, pegawai UPT Pemasyarakatan se-DIY, dan pegawai Kanim Imigrasi Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan...

Penyuluhan OBH dan Perda Kabupaten Kulon Progo No. 5 Tahun 2012 di Balai Desa Pengasih

16-04-2015 Hits:35 BERITA UTAMA

Bertempat Balai Desa Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY bekerjasama dengan Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan sosialisasi penyuluhan hukum. Kegiatan dihadiri oleh 38 tokoh masyarakat dari desa Pengasih Kabupaten Kulon Progo, selain itu kegiatan juga...

Sosialisasi PSP BMN Oleh Biro Perlengkapan

15-04-2015 Hits:104 BERITA UTAMA

Sosialisasi PSP BMN Oleh Biro Perlengkapan

Sebanyak 24 peserta dari UPT jajaran Kanwil Kemenkumham DIY antusias mengikuti kegiatan Bimbingan teknis sosialisasi Penetapan status penggunaan barang milik negara (PSP BMN). Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini Rabu, 15 April 2015 dan bertempat di aula Kanwil Kemenkumham DIY...

Pembukaan Diklat Kesamaptaan Tahun 2015 Kanwil Kemenkumham DIY

15-04-2015 Hits:88 BERITA UTAMA

 Pembukaan Diklat Kesamaptaan Tahun 2015 Kanwil Kemenkumham DIY

Pembukaan Diklat Kesamaptaan Tahun 2015 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY diselenggarakan di Detasemen A Pelopor Satbrimobda Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY ( Dwi Prasetyo Santoso), sekaligus membuka...

DetikNews: Malaysia Kaget Indonesia Akui Hak Cipta 'Kopi Tiam'

kopitiam
Jakarta.Pemerintah Indonesia lewat Dirjen Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementerian Hukum dan HAM memberikan hak cipta 'kopi tiam' kepada Abdul Alex Soelystio. Hal ini membuat Pemerintah Malaysia kaget dan terkejut atas keputusan Dirjen HAKI tersebut.
"Pengusaha kopitiam di Malaysia, Indonesia dan Singapura mempunyai sebab untuk berasa terkejut apabila membaca berita ini. Seorang pengusaha restoran di Jakarta mendakwa beliau memiliki hak cipta terpelihara ke atas perkataan kopitiam. Abdul Alek Soelystio mendakwa perkataan kopitiam telah didaftarkan sebagai harta inteleknya pada tahun 1996," demikan tulis Jabatan Penerangan Malaysia dalam wall akun facebooknya seperti dikutip detikcom, Kamis (4/10/2012).
Wall ini ditulis pada 28 Februari 2012 lalu. Dalam identitas akun facebook tersebut tertulis 'Ini adalah Laman Sosial Jabatan Penerangan Malaysia. Jabatan Penerangan tidak bertanggungjawab terhadap sebarang kehilangan atau kerosakan yang dialami kerana menggunakan maklumat dalam laman ini'.
Atas wall tersebut, banyak friends memberikan komentar negatif terhadap Indonesia. Mereka menganggap Indonesia keliru dan tidak memahami tata cara pendaftaran hak cipta. Bahkan masyarakat Malaysia takut Indonesia akan memberikan hak cipta atas produk-produk Malaysia.
Atas komentar tersebut, Jabatan Penerangan Malaysia memberikan jawaban bahwa pengakuan di Indonesia tidak berlaku untuk 'kopi tiam' yang ada di Malaysia.
"Paten ini hanya berkuatkuasa di Indonesia sahaja," demikian jawaban yang diposting pada 29 Februari 2012.
Pernyataan Jabatan Penerangan Malaysia dilansir usai Abdul Alex Soelystio mengaku sebagai pemilik hak cipta 'kopi tiam' di sebuah media cetak nasional pada 28 Februari 2012. Alex memiliki kafe Kopi Tiam di beberapa tempat seperti di Tebet, Jakarta Selatan, dan di Bintaro, Tangerang.
Dalam pengumuman itu, pada intinya Alex menyatakan bahwa kopi tiam itu sebuah hak cipta dan pemilik kedai kopi yang memakai label 'kopi tiam' harus mencabut papan atau apa pun yang menggunakan label 'kopi tiam'.
Mendapati ini Perhimpunan Pengusaha Kopi Tiam Indonesia (PPKTI) pun menggugat Alex. PPKTI berargumen 'tiam' berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti 'kedai'. Kopi Tiam sama dengan 'kedai kopi' sehingga tidak bisa didaftarkan sebagai hak cipta. Sebab 'kata' tidak bisa dihakciptakan.
Anggota PPTKI mengajukan gugatan untuk membatalkan hak cipta tersebut. Namun, gugatan itu tidak dapat diterima oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Apa daya, gugatan mereka kandas.

(asp/nrl)

BERITA UNIT PELAKSANA TEKNIS

Apr 21, 2015 2

Warga Binaan Wirogunan Gelar Kartinian

in Berita Satuan Kerja
Warga binaan LP Wirogunan mengikuti peringatan Hari Kartini dengan pakaian kebaya (Harminanto) YOGYA (KRjogja.com) -…
SAM 5788
Apr 16, 2015 41

Ujian Andik Pemasyarakatan Rutan Wonosari MERAJUT ASA DI BALIK RUTAN

in Berita Satuan Kerja
Hak mendapatkan pendidikan dan pengajaran merupakan hak dasar yang tetap diperoleh oleh anak-anak dalam keadaan apapun.…
Kakanwil Yogyakarta, Endang Sudirman, meresmikan pelayanan publik di Lapas NarkotikaYogyakarta, Kamis (2/4).
Apr 03, 2015 57

Kakanwil Resmikan Pelayanan Publik Lapas Narkotika Yogyakarta

in Berita Satuan Kerja
Yogyakarta, INFO_PAS – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Daerah Istimewa…
Busana Jawa Petugas saat apel pagi Lapas Narkotika DIY, Jumat, 20/3)
Mar 23, 2015 90

Peringati Hadeging Nagari Dalem, Pegawai Lapas Narkotika DIY Berbusana Jawa

in Berita Satuan Kerja
Yogyakarta, INFO_PAS – Ada pemandangan unik pada pelaksanaan apel pagi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Daerah…
Adat Jawa, Petugas Rutan Wonosari  memperingati hari berdirinya Keraton Ngayogyakarta, Jumat (20/3)
Mar 23, 2015 68

Pegawai Rutan Wonosari Peringati Hari Berdirinya Keraton Ngayogyakarta

in Berita Satuan Kerja
Wonosari, INFO_PAS – Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah Yogyakarta, termasuk Rumah Tahanan Negara (Rutan)…

banner pengaduan masya 250lapor

Layanan Publik

Layanan KeimigrasianLayanan AHULayanan BPHNLayanan HKILayanan PASLayanan PP

Aplikasi

lpsekumhamrupkumhamsimpegperpustakaanppidimel