Tes Urin Pegawai LPKA Yogyakarta Upaya Pencegahan Peredaran Narkoba

 

WhatsApp Image 2019-09-10 at 11.43.06.jpegYogyakarta- “Langkah utama yang paling efektif dalam memerangi peredaran gelap Narkoba di Rutan, Lapas dan LPKA ialah dengan metode preventif atau pencegahan, hal ini ditujukan kepada masyarakat sehat yang sama sekali belum pernah mengenal narkoba agar mereka mengetahui tentang seluk beluk narkoba sehingga mereka menjadi tidak tertarik untuk menyalahgunakannya, didalam pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika sudah sangat jelas di sebutkan bahwa narkotika adalah zat atau obat yang sangat penting untuk keperluan pengobatan, tetapi justru akan menimbulkan masalah yang besar apabila di salah gunakan. didalam Pasal 7 juga menyatakan bahwa "Narkotika hanya dapat digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan dan/atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi".

WhatsApp Image 2019-09-10 at 11.43.05.jpeg

Pencegahan atau penanggulangan penyalahgunaan narkoba merupakan suatu upaya yang ditempuh dalam rangka penegakan baik terhadap pemakaian, produksi maupun peredaran gelap narkotika yang dapat dilakukan oleh setiap orang baik individu, masyarakat dan negara. Monitoring segala peredaran barang yang keluar masuk harus dilakukan dengan cermat agar dapat memudahkan pengawasan. Segala sikap kita dalam bertugas harus sesuai dengan prosedur demi kelancaran pemenuhan tugas dan fungsi kita sebagai petugas pemasyarakatan. Oleh karena itu salah satu bentuk pengawasan yang di lakukan yaitu pelaksanaan tes urin kepada petugas secara rutin wajib dilaksanakan sebagai sarana monitoring komitmen yang dimiliki para petugas.” Demikian disampaikan KADIVPAS Yogya, Tedja Sukmana ketika memberikan pengarahan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas IIA Yogyakarta, Selasa (10/9). Selain diikuti oleh seluruh jajaran LPKA Kelas IIA Yogyakarta, acara ini juga dihadiri Kakanwil Kemenkumham DIY, Kadiv Adminsitrasi Kanwil kemenkumham DIY, Kepala Bapas Wonosari, Kepala Rutan Wonosari serta Ka.Rupbasan Wonosari.

WhatsApp Image 2019-09-10 at 11.43.11.jpeg

Tedja juga menyampaikan bahwa kegiatan pencegahan peredaran gelap narkoba bisa dilakukan dengan melaksanakan operasi (razia),  baik secara rutin, pada momen khusus tertentu maupun ketika ada keadaan yang darurat.

“Gedung baru LPKA ini merupakan wujud upaya pemenuhan fasilitas dan sarana yang diperlukan bagi pembinaan anak, dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi LPKA Yogyakarta.” Tutup Tedja. Seusai pengarahan, kegiatan tes urin dilaksanakan kepada seluruh Pegawai LPKA Yogyakarta dengan didampingi oleh Jajaran Divisi pemasyarakatan Kanwil kemenkumham DIY.

Kontributor :LPKA Yogyakarta


Cetak