Gaungkan Anti Narkoba, Kadivpas Yogya Gelar Tes Urine bagi Pegawai Bapas dan Rupbasan Wonosari

 

 

WhatsApp Image 2019 09 27 at 10.27.35 AMWONOSARI – Jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Yogyakarta menggelar tes urine bertempat di Bapas Kelas II Wonosari, Selasa (24/9/2019). Tes urine ini diikuti oleh Jajaran Bapas Kelas II Wonosari dan Rupbasan Kelas II Wonosari tidak terkecuali para Kepala Kantor. Selain melaksanakan tes urine, Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Yogya, dipimpin oleh Kadivpas Yogya, Tedja Sukmana juga memberikan pengarahan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba).  

"Ini merupakan bentuk respon cepat dari Divisi PAS Yogya dalam rangka pencegahan dan pemberantasan narkotika di jajaran Pemasyarakatan dalam rangka mendukung perang terhadap narkoba yang dideklarasikan pemerintah di seluruh Indonesia." ujar Tedja saat memberi pengarahan.

Menyinggung tentang tugas dan fungsi Bapas, Tedja menekankan peranan penting Bapas dalam Revitalisasi Pemasyarakatan, khususnya fungsi Pembimbingan Klien dalam pelaksanaan penilaian perubahan perilaku, pemenuhan kebutuhan dan perlindungan hak asasi manusia dalam proses penyelenggaraan pemasyarakatan.

WhatsApp Image 2019 09 27 at 10.27.56 AM

Sedangkan Rupbasan diingatkan lagi agar terus meningkatkan kinerja dalam melaksanakan fungsi pengelolaan Basan dan Baran dalam meningkatkan jaminan perlindungan atas barang bukti yang disita dan atau dirampas agar tetap terjaga nilai dan keutuhannya.

Terakhir, Tedja berharap dengan dilaksanakannya pengarahan ini, seluruh petugas bisa mengingat kembali dan dapat mengoptimalkan tugas dan fungsinya masing masing sehingga dapat mencegah peredaran narkoba di Lapas, Rutan, Bapas, Rupbasan, LPKA. “P4GN dibentuk karena sasaran utamanya adalah pertama para WBP, yang kedua adalah petugas dan ketiga adalah masyarakat yang mengunjungi Lapas Rutan. Jalin kerjasama yang baik dengan penegak hukum yang lain, agar Program P4GN dapat berjalan dengan optimal dan mencapai kesuksesan.”

Seusai pengarahan, kegiatan dilanjutkan dengan Tes Urine bagi Jajaran Rupbasan dan Bapas Wonosari dengan didampingi oleh Jajaran Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Yogya.


Cetak