Satgas Kamtib Kanwil Sambangi Lapas Rutan di Jogja Guna Jaga Kondusivitas

 

sidak3.jpeg

Yogyakarta_Menjelang Perayaan Momen Hari raya Idul Adha, potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) harus diawasi secara jeli dan cermat. Menyadari hal tersebut, Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta, diturunkan untuk memantau kondisi malam takbir di seluruh Lapas dan Rutan yang ada pada wilayah Yogyakarta, Kamis malam (30/7/2020).

Tim dipecah menjadi Sembilan kelompok, yang ditugaskan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan diantaranya: Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Perempuan Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Kelas IIB Sleman, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta, Rutan Kelas IIA Yogyakarta, Rutan Kelas IIB Wonosari, Rutan Kelas IIB Bantul dan Rutan Kelas IIB Wates.

sidak1.jpeg

Setibanya di lokasi, Tim langsung berkoordinasi dengan jajaran UPT setempat untuk melakukan pemantauan. Kondisi jumlah penghuni, jumlah personel dan lingkungan sekitar menjadi perhatian utama Tim. Beberapa paviliun hunian juga dikunjungi secara langsung oleh Tim, untuk melakukan pengamatan langsung dan menyempatkan diri berdialog dengan warga binaan pemasyarakatan.

sidak2.jpeg

“Alhamdulillah, dari laporan kesembilan Tim, seluruh UPT dalam kondisi baik, aman dan terkendali.” Jelas Kepala Sub Bidang Pembinaan, Teknologi Informasi dan Kerjasama, Suroso  seusai memimpin Timnya memantau kondisi Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Suroso juga menjelaskan bahwa Sholat Idul Adha akan dilaksanakan pada hari Jumat pagi, dengan mengacu pada protokol kesehatan dimana diterapkan physical distancing bagi WBP maupun petugas yang akan melaksanakan ibadah shalat Idul Adha.

sidak4.jpeg

 

(Humas Kanwil DIY - Jogja Pasti Istimewa)


Cetak