Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Artikel

Pencarian Data

IMG 20190515 WA0058

YOGYAKARTA-Praktikum Legal Drafting Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diisi oleh Perancang Perundang-undangan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) D.I Yogyakarta dilanjutkan pertemuan ke 3 (tiga) untuk evaluasi penugasan pada kelompok 3 (tiga), Rabu (15/5/2019).

Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham D.I Yogyakarta berpendapat bahwa praktikan sudah memahami dengan baik teknik penyusunan dan sudah memberi tanggapan yang detail walau dengan waktu pertemuan yang singkat. Hal tersebut disampaikan setelah dilakukan pembahasan tugas dengan presentasi oleh mahasiswa yang mengikuti praktikum tersebut.

Pembahasan tugas individu yang sudah diberikan dipertemuan sebelumnya dibagi menjadi dua versi soal yang berbeda. Dan pengerjaannya sesuai dengan nomor presensi yaitu ganjil dan genap. Pembahasan tugas dengan cara dipresentasikan oleh praktikan secara teknis penyusunan pembentukan peraturan daerah.

IMG 20190515 WA0059

Sebelum dilakukan presentasi, disampaikan materi terlebih dahulu oleh Farid Aryo Yulianto tentang peraturan perundang-undangan, dan penambahan materi tentang regulasi problematika saat ini. Mengingat banyak yang belum paham regulasi, banyaknya peraturan yang multi tafsir, potensi konflik, banyaknya aturan tumpang tindih, ketidak sesuaian asas, tidak harmonis, tidak ada dasar hukum, dan lain sebagainya. 

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian dampak dari kondisi regulasi tersebut. Serta tahapan pembentukan perencanaan perundang-undangan yang menggunakan metode penelitian IRAC (issue, rule, analysis, conclusion).

Pemaparan dilanjutkan oleh Danan Mahendra dengan menambahkan beberapa contoh kasus  pengalaman-pengalaman tentang permasalahan regulasi perancangan perundang-undangan selama menjadi perancang.

Kelas yang diisi oleh 28 mahasiswa dan dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham D.I Yogyakarta dimulai pukul 13.00 WIB diampu oleh beberapa pemateri terdiri dari Farid Aryo Yulianto, Yosephine Perwitasari, Agustinus Wahyudi, dan Danan Mahendra. Seluruh pemateri merupakan Perancang Peraturan Perundang-undangan dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham D.I Yogyakarta.

(Humas Kanwil Kemenkumham D.I Yogyakarta - Yogya Pasti Istimewa)