Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

IMG 20190516 0041 safari ramadhan

YOGYAKARTA-Safari Ramadhan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) D.I Yogyakarta diselenggarakan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Yogyakarta, Kamis (16/5/2019).

Kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi namun juga momentum memperkuat iman dan taqwa untuk berkinerja lebih optimal. Safari Ramadhan 1440 H ini merupakan kali keempat sejak pertama diadakan pada 7 Mei 2019 di Lapas Kelas IIA Yogyakarta.

Dalam kegiatan ini, Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan (PAS) Kanwil Kemenkumham D.I Yogyakarta, Tedja Sukmana memberikan ceramah singkat mengenai keutamaan puasa Ramadhan.

Tedja menyampaikan bahwa mengerjakan puasa Ramadhan akan mendapatkan keutamaan diantaranya jaminan surga Ar-Rayyan.

Ia menukil hadis riwayat Bukhari dan Muslim yakni Pintu surga Ar-Rayyan kelak di hari kiamat hanya dibukakan untuk mereka yang berpuasa dengan penuh keikhlasan pada Allah Swt. Ini adalah reward atau hadiah teragung dari Allah Swt. untuk hamba-hamba-Nya yang berpuasa. "Lebih khusus bagi mereka yang mengerjakan puasa di bulan Ramadhan yang mulia dengan penuh keikhlasan," jelasnya di hadapan pegawai Rutan Jogja dan tamu undangan.

Adapun keutamaan yang kedua bahwa pahala akan dilipatgandakan atas kebaikan dan amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan. "Sementara itu, barang siapa yang melakukan amalan wajib, nilainya sama dengan melakukan 70 amalan wajib di bulan lain. Subhanallah, betapa besarnya keutamaan puasa Ramadhan dan mengerjakan amal kebaikan di dalamnya," ucapnya.

Selanjutnya, Tedja mengajak kepada seluruh hadirin untuk beribadah sebanyak mungkin dan sebaik mungkin selama bulan Ramadhan.
"Oleh karena itu, mumpung Ramadhan mari perbanyak ibadah. Perbanyak membaca buku-buku bertema puasa dan Ramadhan, mendatangi kajian-kajian keislaman dan majelis-majelis ilmu agar kita semakin termotivasi dan siap untuk memasuki bulan Ramadhan yang mulia," ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut Tedja membangkitkan semangat optimisme dalam mewujudkan Wilayah dari Korupsi (WBK). Ia menegaskan agar dalam hal pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) perlu pendekatan yang baik dan sesuai standar pelayanan.

Acara yang turut dihadiri Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Kepala Rutan Kelas IIA Yogyakarta, seluruh Jajaran Rutan Kelas IIA Yogyakarta ini kemudian dilanjutkan dengan kultum oleh Ustaz Munif Tauhid,S.Psi. hingga adzan magrib berkumandang.

(Humas Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta - Jogja PASTI ISTIMEWA)

Safari Ramadhan Rutan Jogja

IMG 20190516 0044 safari ramadhanIMG 20190516 0044 safari ramadhan