Home

Profil

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Kerja Sama

Pencarian Data

IMG 20190807 WA0060

YOGYAKARTA-Bangun sinergi terkait kesadaran Hukum dan HAM, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta menerima Audensi dan Diskusi Pembinaan Kesadaran Hukum dan HAM dari Provinsi Jawa Barat, Rabu(7/8/2019).

Krismono, Kepala Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta menyambut dengan baik dan mengapresiasi Tim Satuan Tugas (Satgas) Audiensi tersebut yang dihadiri oleh Hasbullah Fudail, Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, dan Ida Suciati Mandirisari Pengawas wilayah II Dinas Pendidikan Jawa Barat sekaligus Pendamping dari Tim Satgas, serta para Duta Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat yang juga perwakilan dari Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat.

IMG 20190807 WA0059

Krismono sangat mendukung sekali kegiatan audiensi ini karena banyak belajar dan semakin termotivasi membentuk forum yang sama, dan bisa bersinergi melaksanakan pembinaan kesadaran hukum dan HAM dikalangan pelajar. Krismono juga menyampaikan bahwa sebelumnya sudah ada kegiatan-kegiatan terkait pembinaan sadar hukum oleh para Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta namun masih fokus di desa sadar hukum. 

Kedepannya Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta akan memulai langkah seperti pembentukan nota kesepakatan dengan institusi lain seperti Polda, BNNP, Kejaksaan Tinggi untuk melaksanakan pembinaan ini, dan mulai mengajak kolaborasi Disdikpora dan pemangku kepentingan lainnya. "Diharapkan nanti setelah terbentuk bisa mengurangi angka kenakalan remaja di wilayah Yogyakarta," lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut, dari Tim Satgas berbagi tentang pengalaman, dan ilmu, serta program-program yang telah dilakukan. Terutama tentang Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM yang sudah berjalan dengan baik di Jawa Barat.

"Adanya perjanjian dan nota kesepakatan antara Kanwil Kemenkumham Jawa Barat dengan Dinas Pendidikan sangat membantu program ini, terutama dikalangan pelajar dan pemuda," ujar Hasbullah. Tidak hanya dengan Dinas Pendidikan saja, tetapi juga sudah ada kerjasama dengan 7 (tujuh) institusi terkait.

"Selain adanya kerjasama, juga harus ada kiat-kiat inovasi dan kreatifitas, membuat program dengan tujuan mempertajam budi pekerti, etika, dan moral mereka," lanjutnya.

IMG 20190807 WA0058

Kemudian dari Kepala Bidang Hukum, Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta, Kus Aprianawati  juga membagi pengalaman serta program-program yang tengah berjalan di Yogyakarta. Beberapa diantaranya yaitu penyuluhan hukum dengan pendekatan edukatif yang rutin dilaksanakan di sekolah-sekolah tentang peraturan hukum. "Kedepannya direncanakan akan melakukan kerjasama dengan sekolah untuk kunjungan ke LPKA, agar mereka tahu secara langsung akibat dari pelanggaran hukum," ucap Kus.

Dengan adanya audiensi ini para Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta merasa termotivasi dan terdorong untuk mengimplementasikan program tersebut di Yogyakarta demi membawa masa depan anak Indonesia yang lebih baik.

(Humas Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta - Jogja PASTI Istimewa)