Beri Penguatan Tugas dan Fungsi PK Bapas Yogyakarta, Kakanwil dan Kadiv PAS Ingatkan Terus Berkinerja

 Penguatan PK Bapas Yogya

YOGYAKARTA - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham D.I. Yogyakarta Indro Purwoko, beserta Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta, GAP Suwardani, memberikan penguatan tugas dan fungsi kepada pejabat fungsional Pembimbing Kemasyarakatan (PK) di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta, Rabu (24/6/2020). Acara dimoderatori oleh Kepala Bapas Yogyakarta, M. Ali Syehbanna, bertempat di ruang aula.

 

Indro dalam arahannya menghimbau kepada seluruh PK Bapas Yogyakarta untuk meningkatkan citra diri pemasyarakatan dengan mengunjungi langsung ke klien pemasyarakatan, sehingga masyarakat di sekitarnya mengetahui bahwa klien tersebut memiliki potensi dan berkarya sekembalinya di masyarakat. 

 Penguatan PK Bapas Yogya

Ia mengingatkan agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsi selalu mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"laksanakan sesuai standar pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang jabatan fungsional Pembimbing Kemasyarakatan," ujarnya.

 

Menambahkan arahan Kakanwil, Kadiv PAS Gusti Ayu, mengingatkan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sebagai pejabat fungsional PK harus tetap berkinerja, penuh pengabdian yang tulus sebagai abdi negara, mempertanggungjawabkan seluruh kinerjanya secara akuntabel dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"setiap langkah kita harus ada dokumen sebagai bukti pertanggungjawaban, seperti dalam pembangunan zona integritas hal tersebut adalah bentuk pendokumentasian kinerja kita," himbaunya.

 

Sebelum memberikan arahan ke sejumlah pejabat PK Bapas Yogyakarta, dalam kunjungan tersebut, Ayu menyempatkan diri untuk meninjau ruang pelayanan publik yang ada di Bapas Yogyakarta tersebut, diantaranya ruang layanan informasi, ruang laktasi, ruang konsultasi dan klien anak. Hal tersebut ia lakukan untuk mengetahui seberapa jauh langkah pembangunan zona integritas yang ada di Bapas Yogyakarta.

 

Melanjutkan arahannya, Ayu mengevaluasi berbagai kinerja pejabat PK. Seperti mengingatkan kembali fungsi PK Bapas yang terdiri penelitian kemasyarakatan, pendampingan, bimbingan, dan pengawasan.

"sekarang harus mencari model bimbingan dan pengawasannya seperti apa, dalam kondisi covid-19 ini tetap harus dilaporkan kinerja PK terkait pengawasan, 4 fungsi tersebut harus dilaporkan dalam sistem agar kanwil memiliki data kegiatan apa saja yang dikerjakan oleh PK," ujarnya.

 

Ayu mengajak agar seluruh jajaran di Bapas Yogyakarta untuk meningkatkan etika birokrasi dalam bekerja serta menunjukkan kebersamaan dan kekompakan demi kemajuan organisasi.

"tidak ada lagi menunda-nunda pekerjaan, lakukan dengan sepenuh hati agar hasilnya pun maksimal dan bisa dirasakan secara luas oleh masyarakat," tuturnya.

 

Di akhir arahannya Ayu mengajak diskusi dan mendengarkan berbagai pengalaman PK Bapas Yogyakarta dalam melaksanakan tugas dan fungsi serta mencari solusi bersama untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi di lapangan.

 Penguatan PK Bapas Yogya

(Humas Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta-Jogja Pasti Istimewa)


Cetak