Kadiv PAS Tutup Konstek Pemasyarakatan secara Virtual

kostek1.jpeg

Yogyakarta_Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta menggelar penutupan Konsultasi Teknis (Konstek) Pemasyarakatan Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi secara virtual, Rabu (25/6/2020). Rangkaian Konstek ini diselenggarakan selama dua hari, mulai selasa tanggal 24 Juni 2020 menggunakan Video Conference (Aplikasi Zoom) dengan host Divisi Pemasyarakatan Yogyakarta dan diikuti oleh peserta dari Jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Yogyakarta.

Materi yang diulas pada Konstek ini terdiri dari Optimalisasi Penggunaan Remisi Online, Penanganan overcrowding melalui program Integrasi berupa Hak Integrasi (PB, CB, CMB dan asimilasi) secara Online, Strategi Meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Peningkatan Kualitas Warga Binaan pemasyarakatan menjadi SDM unggul melalui Kerjasama dengan para Stakeholder melalui pelatihan bersertifikat kepada narapidana pelatihan membatik.
Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta, Gusti Ayu Putu Suwardani yang hadir pada penutupan bersama Jajaran Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas pada Divisi Pemasyarakatan Yogyakarta mengatakan bahwa sejak merebaknya wabah covid-19 semua kegiatan yang telah direncanakan Divisi Pemasyarakatan Yogyakarta mengalami kendala. Salah satunya adalah Konsultasi Teknis Pemasyarakatan yang akhirnya digelar secara virtual.

 

kostek2.jpeg

Gusti Ayu mengucapkan banyak terimakasih kepada para pihak yang telah membantu mensukeskan Konstek, baik dari Panitia, Pihak Narasumber Internal dan Eksternal serta para Peserta yang telah bersemangat dalam mengikuti Konstek.
Secara khusus Ia menyoroti bahwa Konstek ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas kinerja UPT Pemasyarakatan Yogyakarta karena para pesertanya merupakan jajaran yang mengampu lingkup tugas Pemasyarakatan dan diisi oleh Pemateri yang handal dan berkompeten di bidangnya. Ia berharap melalui Konstek ini dapat ditemukan titik temu pemecahan permasalahan yang kerap ditemui pelaksana di UPT masing-masing. Serta feedback dari peserta bisa menjadi masukan bagi Pimpinan dalam merumuskan kebijakan di masa mendatang.
Selanjutnya Kadiv PAS berharap agar Konstek yang digelar secara virtual tidak serta merta menjadikan kualitas hasil kegiatan menurun. Materi Konstek, menurut Gusti Ayu telah dipilih secara seksama oleh panitia agar bisa benar-benar bermanfaat bagi peserta dalam menjalankan tugas.

kostek.jpeg

Terakhir , Gusti Ayu menambahkan bahwa merebaknya pandemic covid-19 tidak serta merta menjadi alasan bagi Jajaran UPT Pemasyarakatan untuk mengendurkan semangat dalam bekerja. Ia berharap pelayanan dan pembinaan di UPT Pemasyarakatan bisa segera berjalan tentunya dengan mengacu pada protokol kesehatan yang berlaku.
“Kondisi New Normal ini merupakan tantangan bagi kita semua, untuk berinovasi. Jangan terjebak pada rutinitas yang itu-itu saja, dan terapkan pengetahuan baru yang telah diserap selama Konstek saat bertugas” tutup Gusti Ayu.

(Humas Kanwil Kemenkumham DIY - Jogja Pasti Istimewa)


Cetak