Kanwil Kemenkumham DIY Bekerjasama dengan Pusham UII Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap WBP Penyandang Disabilitas

 

pusham.jpeg

Yogyakarta_Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham) D.I. Yogyakarta memberikan apresiasi kepada Pusat Studi Hak Asasi Manusia (pusham) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kajian yang telah dilakukan terhadap penyandang disabilitas terutama bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (wbp) di jajaran Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta saat membuka rapat koordinasi jajaran Pemasyarakatan dengan pengurus pusham UII diruang rapat, Kamis (26/06/20).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Gusti Ayu Putu Suwardani dan juga Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Ganif Efendi tersebut membahas langkah-langkah yang akan dilaksanakan oleh pusham UII yang di pimpin oleh Eko Riyadi.

pusham3.jpeg

Kakanwil sangat mendukung program kegiatan yang dilaksanakan pusham UII, pada setiap Unit Pelaksana Teknis akan di bentuk Unit Layanan Disabilitas yang salah satunya menangani pelayanan bagi penyandang disabilitas. “Untuk Lapas dan rutan di jajaran kanwil saya harapkan untuk segera melaksanakan pelatihan dalam menangani warga binaan pemasyarakatan yang menyandang disabilitas, saya juga menghimbau untuk penanganan dan pelatihan tersebut disesuaikan dengan protokol Kesehatan.” tegas kakanwil. Untuk kedepannya program disabilitas tersebut juga di kembangkan lagi untuk lansia .

pusham1.jpeg

 

Sebelumnya, Eko Riyadi yang juga merupakan dosen fakultas Hukum UII tersebut menyampaikan tujuan pelaksanaan audiensi ini untuk  meminta arahan Kepala Kantor Wilayah dan interview terkait memberikan pelatihan layanan Unit Layanan Disabilitas (ULD) yang  telah berjalan di unit pelaksanan teknis dan akan di latih membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan disabilitas.

pusham2.jpeg

(Humas Kanwil Kemenkumham DIY – Jogja Pasti Istimewa)


Cetak