Kakanwil Hadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2020

 

WhatsApp_Image_2020-06-26_at_09.28.46.jpeg

Yogyakarta_ Melalui video Conference, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia D.I. Yogyakarta, Indro Purwoko menghadiri Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2020 yang juga di hadiri oleh Ketua BNNP Propinsi D.I. Yogyakarta I Wayan Sugiri bertempat di Kantor BNNP Yogyakarta, Jum’at (26/06/20)

Dengan adanya situasi saat ini seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus tetap mempunyai tekad dan semangat untuk pantang menyerah, bergotong royong, dan mempunyai empati dalam menghadapi situasi pandemi ini, sehingga  peringatan HANI tahun 2020 diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan dan tujuan mulia dalam memberantas narkoba di Indonesia.

Mengusung tema “Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia tanpa Narkoba” pencegahan dan pemberantasan dalam aspek pelayanan publik membentuk ketahanan masyarkat. Badan Narkotika Nasional turut memberikan pelayanan terhadap warga binaan baik lapas dan rutan dengan program rehabilitasi. Kepala BNN Republik Indonesia Heru Winarko menyampaikan ditengah pandemic covid 19 BNN berhasil mengungkap penyebaran narkoba secara online dan terimakasih atas kerjasama seluruh pihak , serta berharap tingkatkan Pencegahan, Pemberantasan,Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) guna menyelamatkan dan melindungi negara Indonesia.

WhatsApp_Image_2020-06-26_at_09.28.47.jpeg

Pentingnya partisipasi dan antisipasi bangsa terhadap ancaman adan bahaya, berada dalam berbagai tantangan tengah-tengah keterbukaan jaringan informasi dan teknologi adalah untuk siap dan tanggap terhadap ancaman bangsa yang meliputi empat aspek pengguna dan peredar narkoba,radikalisme, korupsi dan penyebaran wabah. ASN harus berfungsi sebagai penggerak birokrasi sesuai Undang-undang nomor 4 tahun 2012. Senantiasa mencermati segala perkembangan dinamika yang terkait dengan narkoba, untuk tidak menempatkan jabatan bagi ASN yang berpaham radikalisme. Terima kasih kepada BNN yang telah membuat portal tetang pelayanan narkoba , terus menerus bekerja sama dengan semua pihak kepada Lembaga dan kepolisian daerah dan terus bersinergi. Seluruh Pimpinan Lembaga untuk melakukan sosialisasi dan penyebarluasan terkait bahaya narkoba. Demikian disampaikan Tjahyo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara. Menpan RB juga apresiasi kepada BNN yang telah mengungkap keberhasilan mengungkap peredaran narkoba, dan pengungkapan peredaran narkoba yang dalam jumlah besar.
WhatsApp_Image_2020-06-26_at_09.28.45_1.jpeg

Sementara itu Wakil Presiden Republik Indonesai Ma’ruf Amin menegaskan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional ini sebagai momentum untuk penting untuk pencegahan narkoba. Dampak narkoba dan virus Corona 19 dampaknya multidimensi dan penanganan mempunyai dampak yang sama terhadap berlangsungnya kehidupan bernegara, harus ada penyesuaian berfikir hingga penyesuaian perilaku baru dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pemerintah berkomitmen kuat untuk terus melaksanakan kinerja untuk melanjutkan program pemberantasan narkoba, seluruh Kabinet Indonesia harus melaksanakan aksi nasional P4GN, Narkotika merupakan kejahatan lintas negara, Kerjasama harus dilakukan Upaya preventif dan strategi supply untuk upaya penegakan hukum yang harus dilakukan secara konsisten.Mari bersama-sama menyelamatkan generasi bangsa, anak cucu kita dari kejahatan Narkoba.

Pada rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan penandatangan surat keputusan bersama 13 Kementerian yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RB, Kepala Badan Kepegawaian Negara dan juga Kepala Badan Narkotika Nasional.

(Humas Kanwil Kemenkumham DIY – Jogja Pasti Istimewa)


Cetak