Rapat Koordinasi Pengembangan SIEMON, Kakanwil Kemenkumham DIY Berharap Notaris Memanfaatkan Secara Optimal

 SON08749 compress54

YOGYAKARTA - Dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pengawasan kinerja Notaris, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, melakukan pengembangan Sistem Elektronik Monitoring Notaris (SiEMON). Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Wilayah Kemenkumham D.I Yogyakarta tersebut melibatkan perwakilan Notaris, Majelis Pengawas Daerah (MPD), dan Majelis Pengawas Wilayah (MPW) se-DIY, dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Jumat (14/8/2020).

rapat siemon mpd mpw notaris agustus 2020
Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham D.I Yogyakarta, Indro Purwoko. Indro berharap melalui rapat koordinasi ini, SiEMON dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Notaris, Majelis Pengawas Daerah (MPD) maupun Majelis Pengawas Wilayah (MPW).

“saya berharap sekali bagaimana seluruh Notaris dapat berpartisipasi memanfaatkan aplikasi (SiEMON) ini. Sehingga aplikasi ini akan sangat bermanfaat. Kedua, aplikasi ini memang unggulan kita dalam pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi,” ujarnya.

Indro berharap dengan adanya penambahan beberapa fitur yang dikembangkan dalam SiEMON akan berdampak baik bagi pengawasan kinerja Notaris, serta dapat memenuhi aturan yang ada dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 15 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemeriksaan Majelis Pengawas Terhadap Notaris, yang beberapa waktu lalu telah disosialisasikan kepada MPD maupun MPW se-DIY.

SON08754 compress90

Senada dengan Indro, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Monica Dhamayanti berharap rapat ini dapat merancang kebijakan pemeriksaan Notaris agar sejalan dengan peraturan perundang-undangan serta fakta di lapangan, sehingga SiEMON lebih terstandarisasi dan dimanfaatkan secara optimal.

SON08766 compress37

Dalam rapat koordinasi tersebut mengundang narasumber dari perwakilan Notaris, Pandam Nurwulan yang juga anggota MPW. Ia menyampaikan strategi dan teknis pelaksanaan pemeriksaan berkala notaris sesuai Permenkumham Nomor 15 Tahun 2020 dan disesuaikan dengan kondisi pandemi. Pandam berharap SiEMON bisa dimanfaatkan lebih luas sebagai upaya pemantauan dan pelaporan kinerja Notaris.

(Humas Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta – Jogja Pasti Istimewa)


Cetak