Kesbangpol dan Divisi Keimigrasian Dorong Kebermanfaatan Pengawasan Orang Asing di DIY

WhatsApp Image 2021 11 25 at 13.24.55

YOGYAKARTA - Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menghadiri rapat Tim Pengawasan Orang Asing yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi DIY. Sinergi kedua instansi diharapkan bisa bermanfaat dalam pengawasan orang asing yang ada di DIY.

Rapat dilaksanakan di kantor Badan Kesbangpol DIY, Kamis (25/11/2021) dan dibuka langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol DIY, Dewa Isnu Broto Imam Santoso. Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DIY, Yayan Indriana, hadir langsung dalam kegiatan tersebut.

"Penting untuk membangun sinergi antaranggota tim ini, serta bagaimana melaksanakan pengawasan terhadap WNA di DIY sehingga para WNA ini dapat memberikan manfaat untuk Pemda DIY pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya," ujar Dewa.

Sementara itu, Yayan Indriana dalam sambutannya memaparkan terkait Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian dalam masa Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Yayan juga menjelaskan pentingnya kolaborasi dan melakukan pengawasan terhadap orang asing dengan humanis.

"Dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional serta pencegahan penyebaran Covid-19 secara global, pengawasan terhadap orang asing perlu dilakukan secara kolaboratif dengan sinergitas antarinstansi dan dilakukan dengan humanis. Dengan demikian, orang asing juga dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara kita," ujar Yayan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Monitoring WNA ke perusahaan, LSM, dan yayasan di wilayah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta yang juga diikuti oleh pihak Kepolisian, Kodim, Lanal, Lanud, Bais, dan Binda. Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Gustur Mudi, Kepala Subbindang Penindakan Keimigrasian, Rudi Andriani, dan Kasubbid Kewaspadaan Nasional, Monica Iriene.

WhatsApp Image 2021 11 25 at 13.23.58

(Humas Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta - Jogja Pasti Istimewa)


Cetak