Verifikasi Lapangan WBK/WBBM, LPKA Jogja dan Lapas Sleman Suguhkan Pelayanan Publik Masa Kini

verlap6

YOGYAKARTA – Tim Penilai Nasional Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) mengunjungi LPKA Kelas II Yogyakarta dan Lapas Kelas IIB Sleman pada Jumat (26/11/21). Kunjugan tersebut dilaksanakan dalam rangka verifikasi lapangan sebagai penilaian tahap akhir.

Tim Penilai Nasional yang terdiri atas Savina Ariani dan Afif Nur Wahid terlebih dahulu ke LPKA Kelas II Yogyakarta pada pukul 08.30 WIB. Rombongan langsung disambut dengan yel-yel oleh tim pembangunan ZI. Kepala LPKA Kelas II Yogyakarta, Teguh Suroso menjelaskan beberapa inovasi berbasis TI yang dikembangkan untuk menunjang pelayanan publik.

“Kita telah mengembangkan berbagai inovasi untuk membantu pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, kita juga memberikan pelatihan keterampilan bagi anak didik pemasyarakatan sebagai bekal setelah nanti bebas. Beberapa contoh pelatihan yang dilakukan diantaranya sablon dan barista kopi”, jelasnya.

Setelah dari LPKA Kelas II Yogyakarta, rombongan langsung bergerak menuju Lapas Kelas IIB Sleman. Rombongan tiba lokasi pada pukul 11.00 WIB dan langsung disambut dengan yel-yel tim pembangunan ZI. Di Lapas Kelas IIB Sleman, obyek yang dilihat secara langsung diantaranya ruang pelayanan terpadu, blok hunian, tempat bimbingan kemandirian, dan sarana asimilasi edukasi.

Kepala Lapas Kelas IIB Sleman, Kusnan menyampaikan bahwa pelayanan di Lapas Kelas IIB Sleman telah diselenggarakan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Ruang pelayanan telah terpusat dan memenuhi standar-standar pelayanan prima.

“Selain itu kita juga fokus memberikan keterampilan bagi warga binaan dengan sarana asimilasi pertanian dan peternakan. Ada juga bimbingan pembuatan kentongan”, jelasnya.

Menanggapi keseriusan jajaran LPKA Kelas II Yogyakarta dan Lapas Kelas IIB Sleman, Tim Penilai Nasional memberikan apresiasi semangat dan kerjakeras untuk mewujudkan zona integritas. Berbagai inovasi telah dibuat, ini membuktikan bahwa komitmen untuk membuat pelayanan prima memang benar adanya.

“Kita tentu sangat mengapresiasi baik dari LPKA Jogja atau Lapas Sleman yang sangat serius untuk mengikuti pembangunan zona integritas ini. Pencapaian ini perlu dipertahankan dan yang terpenting jangan sampai ada perederan narkoba di dalam Lapas sebagai wujud pembinaan yang baik kepada para warga binaan”, pungkasnya.

Turut hadir dalam Pendampingan Evaluasi Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM dengan metode verifikasi lapangan oleh TPN, yakni Kepala Bagian Program dan Humas, F Surya Kumara, Kepala Subbagian Humas, RB, dan TI, Dwinarso Nugroho, serta Kepala Subbagian Program dan Pelaporan, Prasetyo Nugroho.

verlap5verlap5verlap5verlap5verlap5

Humas Kanwil Kemenkumham D. I. Yogyakarta - Jogja Pasti Istimewa

 


Cetak