Kadiv Keimigrasian DIY Pimpin Rakor Timpora Kabupaten Bantul

WhatsApp Image 2021 11 26 at 16.19.10

BANTUL - Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY, Yayan Indriana memimpin Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Rakor Timpora) Kabupaten Bantul. Dalam rakor tersebut muncul keputusan adanya urgensi pelaksanaan Operasi Gabungan di Kabupaten Bantul.

Rakor Timpora dilaksanakan di Pendopo Batik Erlin, Bantul, Jumat (26/11/2021). Yayan Indriana menyampaikan sejumlah hal, di antaranya penyampaian data orang asing di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta pada Kabupaten Bantul, informasi dan kebijakan terkini terkait dengan keimigrasian, dan rencana kegiatan Timpora di masa pandemi Covid-19.

"Bandara Internasional sudah mulai dibuka, dan kini ada kebijakan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian. Perlu ditekankan juga bahwa pengawasan terhadap orang asing perlu dilakukan secara kolaboratif dengan sinergitas antarinstansi dan dilakukan dengan humanis," ujar Yayan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bantul, Yuli Hernadi. Yuli menyampaikan kondisi Orang Asing di Bantul serta sejumlah kendala yang dihadapi, seperti kurang sinkronnya data keimigrasian.

Selanjutnya, anggota Timpora yang terdiri atas TNI, Polri, Kejaksaan, perangkat desa, hingga dinas terkait saling berdiskusi terkait pengawasan orang asing di Kabupaten Bantul. Rapat koordinasi tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa diperlukan sinergitas antar anggota Timpora dalam pelaksanaan tugas Pengawasan Orang Asing, perlu sinkronisasi data orang asing di Kabupaten Bantul, serta adanya urgensi pelaksanaan Operasi Gabungan di Kabupaten Bantul.

Turut hadir dalam rakor tersebut Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Muhammad Gustur Mudi dan Kepala Subbidang Intelijen Keimigrasian, Ignatius Harto Suwondo.

WhatsApp Image 2021 11 26 at 16.19.10 1

(Humas Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta - Jogja Pasti Istimewa)


Cetak