Deskripsi Singkat tentang Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) melalui Aplikasi 3AS BSK Hukum dan HAM
Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP)
SPKP adalah survei yang dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pelayanan publik, serta mencari solusi untuk meningkatkan kualitas layanan. Data yang dikumpulkan dari SPKP digunakan untuk mengembangkan strategi dan kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK)
SPAK adalah survei yang dilakukan untuk mengukur persepsi masyarakat terhadap upaya pemberantasan korupsi di lingkungan Kemenkumham. Survei ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program dan kebijakan anti-korupsi yang telah diterapkan, serta untuk mengetahui sejauh mana masyarakat merasa bahwa Kemenkumham berkomitmen dalam pemberantasan korupsi. Data yang diperoleh dari SPAK digunakan untuk memperkuat langkah-langkah pencegahan dan penindakan korupsi di lingkungan Kemenkumham.
Aplikasi 3AS BSK Hukum dan HAM
Aplikasi 3AS dibaca "TIGA A S" (Transparent, Informative, Great, Action, Actual, and Synergy) BSK (Badan Strategi Kebijakan) Hukum dan HAM adalah platform digital yang digunakan untuk melaksanakan kedua survei ini. Melalui aplikasi ini, responden dapat dengan mudah mengakses dan mengisi kuesioner survei secara online. Aplikasi ini dirancang untuk memastikan proses pengumpulan data yang efisien, akurat, dan transparan. Dengan adanya Aplikasi 3AS BSK Hukum dan HAM, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam survei dan memberikan data yang lebih valid dan reliable untuk analisis lebih lanjut.
Hasil Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Presepsi Anti Korupsi (SPAK) melalui Aplikasi 3AS BSK Hukum dan HAM Periode Tahun 2023 di lingkungan Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta
Hasil Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Presepsi Anti Korupsi (SPAK) melalui Aplikasi 3AS BSK Hukum dan HAM Periode Tahun 2024 di lingkungan Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta
Berikut adalah analisis singkat mengenai nilai Indeks Persepsi Korupsi (IPK) berdasarkan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) yang disajikan:
Analisis Nilai Indeks Persepsi Korupsi (IPK)
Tren Umum: Selama periode Januari hingga September, nilai IPK menunjukkan konsistensi dalam kategori "Sangat Baik," dengan nilai berkisar antara 17.11 hingga 17.46. Hal ini mencerminkan persepsi positif masyarakat terhadap integritas dan upaya anti korupsi di lingkungan yang survei.
Fluktuasi Bulanan:
Januari mencatat nilai terendah di 17.11, sedangkan Agustus menunjukkan nilai tertinggi di 17.46.
Nilai IPK cenderung stabil dengan sedikit fluktuasi, mencerminkan kinerja yang relatif baik dan konsisten dalam upaya pencegahan korupsi.
Aspek-aspek Diskriminasi, Kecurangan, Gratifikasi, Pungli, dan Calo:
Diskriminasi: Nilai diskriminasi terendah tercatat pada bulan Maret (17.07) dan tertinggi pada bulan Agustus (17.45), menunjukkan kesadaran yang meningkat terhadap praktik diskriminatif.
Kecurangan: Nilai kecurangan juga menunjukkan kestabilan, dengan angka terendah 17.07 (Maret) dan tertinggi 17.44 (Februari).
Gratifikasi dan Pungli: Nilai untuk kedua aspek ini relatif stabil dan tidak menunjukkan adanya lonjakan signifikan, dengan angka tertinggi mencapai 17.48 pada Pungli di Agustus.
Calo: Angka untuk calo tetap dalam batas yang sama, menunjukkan persepsi masyarakat tentang praktik calo yang tidak terlalu berubah selama periode survei.
Jumlah Responden: Jumlah responden bervariasi setiap bulan, dengan puncaknya pada Agustus (148 responden). Variasi ini dapat memengaruhi hasil dan persepsi yang diperoleh, namun secara keseluruhan menunjukkan partisipasi masyarakat yang baik dalam survei.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, hasil Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) menunjukkan tren positif dalam persepsi terhadap korupsi dan integritas. Meskipun ada fluktuasi kecil dalam nilai IPK, tetap berada dalam kategori "Sangat Baik" mencerminkan keberhasilan upaya anti korupsi yang dilakukan. Namun, penting untuk tetap menjaga dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu seperti gratifikasi dan calo untuk memperkuat integritas dan kepercayaan publik.
Bulan | Indek | Predikat | Responden | Diskriminasi | Kecurangan | Gratifikasi | Pungli | Calo |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Januari | 17.21 | Sangat Baik | 112 | 17.2 | 17.17 | 17.24 | 17.27 | 17.17 |
Februari | 17.4 | Sangat Baik | 93 | 17.39 | 17.44 | 17.42 | 17.39 | 17.39 |
Maret | 17.11 | Sangat Baik | 133 | 17.07 | 17.07 | 17.14 | 17.11 | 17.16 |
April | 17.35 | Sangat Baik | 100 | 17.42 | 17.32 | 17.4 | 17.34 | 17.29 |
Mei | 17.26 | Sangat Baik | 121 | 17.17 | 17.24 | 17.3 | 17.33 | 17.24 |
Juni | 17.28 | Sangat Baik | 123 | 17.24 | 17.24 | 17.35 | 17.35 | 17.22 |
Juli | 17.4 | Sangat Baik | 111 | 17.43 | 17.38 | 17.38 | 17.41 | 17.41 |
Agustus | 17.46 | Sangat Baik | 148 | 17.45 | 17.45 | 17.46 | 17.48 | 17.46 |
September | 17.43 | Sangat Baik | 99 | 17.42 | 17.42 | 17.45 | 17.45 | 17.42 |
Berikut adalah analisis singkat mengenai nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berdasarkan Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP):
Analisis Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
Tren Umum: Selama periode Januari hingga September, nilai IKM menunjukkan konsistensi dengan predikat "Sangat Baik," dengan nilai berkisar antara 17.03 hingga 17.39. Hal ini mencerminkan kepuasan masyarakat yang tinggi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan.
Fluktuasi Bulanan:
Nilai terendah dicatat pada Januari (17.03), sementara nilai tertinggi tercatat pada Februari (17.34) dan Agustus (17.39).
Meskipun ada sedikit penurunan pada bulan Maret (17.07), nilai IKM cenderung stabil, mencerminkan kinerja pelayanan yang memuaskan.
Aspek-aspek Penilaian:
Informasi: Nilai informasi bervariasi, dengan angka tertinggi di Agustus (17.46), menunjukkan adanya peningkatan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.
Persyaratan: Nilai persyaratan menunjukkan stabilitas, dengan angka tertinggi di Agustus (17.43).
Prosedur/Alur: Prosedur/alur memiliki nilai yang cukup konsisten, dengan puncak di Agustus (17.45).
Waktu Penyelesaian: Nilai untuk waktu penyelesaian menunjukkan adanya tantangan, dengan angka terendah di Januari (16.52). Namun, ada perbaikan yang terlihat di bulan-bulan selanjutnya.
Tarif/Biaya: Nilai tarif/biaya relatif stabil, dengan angka tertinggi di Februari (17.39).
Sarana Prasarana: Nilai sarana prasarana juga menunjukkan tren positif, dengan angka tertinggi di Agustus (17.45).
Respon: Nilai respon sangat baik, terutama di Agustus (17.46), menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap responsivitas pelayanan.
Konsultasi dan Pengaduan: Nilai ini juga menunjukkan hasil positif, dengan angka tertinggi di Agustus (17.45).
Jumlah Responden: Jumlah responden bervariasi, dengan puncak pada bulan Agustus (148 responden). Partisipasi yang tinggi ini menunjukkan minat masyarakat dalam memberikan masukan tentang kualitas pelayanan.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, hasil Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi, dengan nilai IKM yang stabil dalam kategori "Sangat Baik." Meskipun ada fluktuasi kecil dalam beberapa aspek, terutama pada waktu penyelesaian, umumnya kinerja pelayanan menunjukkan perbaikan. Penting untuk terus meningkatkan kualitas dalam aspek yang kurang memuaskan agar kepuasan masyarakat tetap terjaga dan berkembang lebih baik di masa depan.
Bulan | Indek | Predikat | Responden | Informasi | Persyaratan | Prosedur/Alur | Waktu Penyelesaian | Tarif/Biaya | Sarana Prasarana | Respon | Konsultasi dan Pengaduan |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Januari | 17.03 | Sangat Baik | 112 | 17.17 | 17.13 | 17.08 | 16.52 | 17.15 | 17.05 | 17.1 | 17.05 |
Februari | 17.34 | Sangat Baik | 93 | 17.42 | 17.39 | 17.36 | 17.05 | 17.39 | 17.33 | 17.47 | 17.36 |
Maret | 17.07 | Sangat Baik | 133 | 16.93 | 17.13 | 17.09 | 17.03 | 17.2 | 17.07 | 17.07 | 17.03 |
April | 17.25 | Sangat Baik | 100 | 17.24 | 17.42 | 17.29 | 16.92 | 17.29 | 17.29 | 17.24 | 17.29 |
Mei | 17.25 | Sangat Baik | 121 | 17.26 | 17.35 | 17.24 | 17.07 | 17.22 | 17.24 | 17.33 | 17.28 |
Juni | 17.09 | Sangat Baik | 123 | 17.22 | 17.18 | 17.12 | 16.69 | 17.07 | 17.18 | 17.18 | 17.09 |
Juli | 17.36 | Sangat Baik | 111 | 17.33 | 17.41 | 17.38 | 17.15 | 17.38 | 17.43 | 17.38 | 17.41 |
Agustus | 17.39 | Sangat Baik | 148 | 17.46 | 17.43 | 17.45 | 17.02 | 17.43 | 17.45 | 17.46 | 17.45 |
September | 17.37 | Sangat Baik | 99 | 17.45 | 17.42 | 17.45 | 17.16 | 17.42 | 17.42 | 17.29 | 17.39 |
Hasil Survei Integritas Pegawai
Ringkasan Analisis Nilai Integritas Pegawai
Keterangan | Nilai |
---|---|
Tendensi | Stabil dengan fluktuasi kecil |
Tertinggi | Maret (99.25), September (99.37) |
Terendah | Januari (98.47), April (98.84) |
Jan-Jun | Peningkatan dari Januari (98.47) ke Maret (99.25) |
Jul-Sep | Turun di Juli (98.84), meningkat hingga September (99.37) |
Rata-rata Jan-Jun | 98.85 |
Rata-rata Jul-Sep | 98.98 |
Kesimpulan | Kinerja baik, tren positif, dan peningkatan integritas |