YOGYAKARTA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY dan jajaran terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jajaran Kanwil Kemenkumham DIY berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Hal itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto dalam Penyampaian Hasil Evaluasi Pelayanan Publik oleh Biro Perencanaan Sekretariat Jenderl yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kanwil Kemenkumham DIY, Kamis (6/7/2023). Agung menyebut pihaknya akan melakukan perbaikan menyeluruh, mulai dari SDM petugas layanan hingga sarana dan prasarana pelayanan publik.
"Tentu kami akan tetap melakukan perbaikan, baik layanan maupun sarprasnya, sehingga diharapkan akan menghasilkan penilaian yang baik dari publik dan masyarakat penerima layanan kami," ujar Agung.
Untuk diketahui, Tim Biro Perencanaan bertindak sebagai mystery shopper atau menyamar sebagai pengguna layanan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di jajaran Kanwil Kemenkumham DIY. Tim Biro Perencanaan memberikan sejumlah catatan dan evaluasi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di jajaran Kanwil Kemenkumham DIY.
"Tentu ini menjadi semangat kami untuk terus melakukan perbaikan. Hasil ini akan kami jadikan evaluasi, yang kurang baik akan kami perbaiki. Ini menjadi langkah kita ketika nanti Tim Penilai Nasional datang kita sudah siap," kata Agung.
"Kemampuan SDM juga perlu terus di-upgrade, sehingga kita dapat memberikan edukasi kepada masyarakat yang akan melakukan permohonan layanan," lanjutnya.
Tim Biro Perencanaan menjadi mystery shopper di empat satuan kerja di DIY, yakni Kanwil Kemenkumham DIY, Lapas Kelas IIB Wonosari, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, dan Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Keempat satuan kerja ini telah lulus seleksi administrasi evaluasi Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM oleh Kementerian PAN-RB.
Hasil evaluasi dari Biro Perencanaan menunjukkan bahwa pelayanan publik di jajaran Kanwil Kemenkumham DIY telah dilaksanakan dengan baik. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY Gusti Ayu Putu Suwardani mengaku senang dengan adanya evaluasi ini yang bisa menjadi dasar untuk perbaikan pelayanan publik ke depan.
"Integritas pegawai di sini tinggi, dan jajaran kami akan terus berproses dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Saya juga akan mengawasi lagi pelaksanaan pelayanan publik, khususnya di jajaran Pemasyarakatan," ujar Gusti Ayu.
Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat struktural Kanwil Kemenkumham DIY, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Keimigrasian, serta Tim Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham DIY.
(AZR/Humas Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta - Jogja Pasti Istimewa)