YOGYAKARTA – Kanwil Kemenkumham DIY menggelar sosialisasi tata naskah dinas di Aula Kantor Wilayah. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai Kanwil dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan keseragaman dalam penyusunan naskah dinas.
Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumham DIY, Yudi Arto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan langkah penting dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.
"Tata naskah dinas yang baik dan benar merupakan cerminan kualitas suatu organisasi. Melalui sosialisasi ini, diharapkan seluruh pegawai dapat memahami dan menerapkan tata naskah dinas yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Yudi.
Tata naskah dinas yang baik dan benar memiliki beberapa manfaat, antara lain meningkatkan efektivitas komunikasi. Naskah dinas yang jelas, singkat, dan padat akan memudahkan penerima dalam memahami maksud dan tujuan pesan.
“Penyeragaman tata naskah dinas akan meningkatkan kualitas arsip. Naskah dinas yang terorganisir dengan baik akan mempermudah dalam pengelolaan dan pencarian arsip”, lanjut Yudi.
Dalam sosialisasi ini, tim arsiparis Kanwil Kemenkumham DIY menyampaikan materi mengenai aspek Peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tata naskah dinas, jenis-jenis naskah dinas dan format penulisannya, tata cara penyusunan naskah dinas yang benar, mulai dari bagian kepala surat hingga lampiran, dan pengelolaan arsip naskah dinas.
Humas Kanwil Kemenkumham DIY