Bantul- Dalam rangka meningkatkan kualitas kehumasan dan Teknologi Informasi (TI), Tim Kehumasan dan IT Kanwil Kemenkumham DIY mengadakan kegiatan penguatan kehumasan dan TI di UPT Bantul pada hari Rabu (29/05/2024). Kegiatan ini diikuti oleh para pegelola kehumasan dan TI UPT diantaranya Rutan Kelas IIB Bantul, Rupbasan Kelas II Bantul, dan Rupbasan Kelas I Yogyakarta.
Pada kegiatan kali ini, Tim Kehumasan Kanwil Kemenkumham DIY memberikan materi terkait pentingnya menjalin hubungan dengan media eksternal dan penanganan krisis komunikasi
Kepala Rupbasan Kelas II Bantul, Muhammad Syukron Anshori berharap dengan adanya kegiatan Monev Kehumasan dan TI ini dapat meningkatkan kinerja jajaran UPT wilayah Bantul.
"Saya berharap Monev Kehumasan dan TI ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan humas dan TI UPT Pemasyarakatan di wilayah Bantul. Saya juga berharap Tim Monev dapat memberikan masukan dan saran yang konstruktif untuk meningkatkan kinerja humas UPT Bantul," ujar Syukron.
Tim humas menyampaikan membangun hubungan yang baik dengan media eksternal dan memiliki kemampuan dalam menangani krisis komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi instansi pemerintah, khususnya Kemenkumham.
Tim Humas menyampaikan tentang pentingnya membangun citra positif instansi melalui hubungan yang baik dengan media eksternal.
Dimas Ilham selaku perwakilan Tim Humas juga memberikan tips dan trik dalam menangani krisis komunikasi, seperti bagaimana cara membangun komunikasi yang efektif dengan media saat terjadi krisis, serta bagaimana cara meminimalisir dampak negatif dari krisis komunikasi.
Para peseta Kegiatan juga diberikan mereri mengenai Strategi dan taktik dalam menangani krisis komunikasi, dan Teknik komunikasi yang efektif dalam menangani krisis komunikasi, dan langkah membuat press rilis bersentiment positif.
Selain itu, para peserta juga mendapatkan pelatihan simulasi penanganan krisis komunikasi. Dalam simulasi ini, para peserta dihadapkan pada berbagai skenario krisis komunikasi yang mungkin terjadi di lingkungan Kanwil Kemenkumham DIY dan bagaimana membuat press rilis yang bersentiment postifi.
"Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham DIY dapat lebih siap dalam menghadapi dan menangani krisis komunikasi yang mungkin terjadi," ujar Dimas.
Kegiatan Kemudian dilanjutkan penguatan mengenai Teknologi Informasi, terkait pengelolaan web, mengatasi web yang mengalami error, Tim Ti melakukan pengecekan fitur yang ada di web terkait kelengkapan fitur, Tim TI juga melakukan pengecekan terkait aplikasi yang dimiliki upt dan hasil persetujuan penyelenggaraan aplikasi
Diakhir TIm TI memberikan arahan terkait tata cara pendaftaran aplikasi melalui aplikasi Simdatin
Kegiatan penguatan ini merupakan salah satu komitmen Kanwil Kemenkumham DIY dalam meningkatkan kualitas kinerja kehumasan dan TI, Dengan memiliki tim humas dan TI yang handal, diharapkan Kanwil Kemenkumham DIY dapat membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan menjaga citra positif instansi.
Humas Kanwil Kemenkumham DIY - Jogja Pasti Istimewa